Tata Air & Tanah Minut Masih Terjaga & Asri

Gambar

Kadis Kehutanan Minahasa Utara, Ir Joppi Lengkong.- (dok. sulut times).

Airmadidi, Sulut Times Tata air dan tanah di Kabupaten Minahasa Utara masih terjaga dan asri, hal ini dapat dilihat dari 8 perusahaan air kemasan yang beroperasi sekaligus mengolah sumber mata air di daerah ini.

Ungkap Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Minahasa Utara, Ir Joppi Lengkong kepada Sulut Times, bertempat diruang Kerjanya, kemarin.

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk terus menjaga dan mengawasi hutan disekitarnya dan pihaknya akan mengenakan sanksi bagi siapapun yang melanggar ketentuan perundangan tentang kehutanan.

Menurutnya, Bentangan hutan di Minut berdasarkan fungsinya yakni hutan lindung, konservasi dan produksi seluas 30.502 ha.

Hutan lindung seluas 17.683 ha yang terdiri dari Manggrof dan daratan, hutan konservasi seluas 2.372 ha dan hutan produksi seluas 10.477 ha.

Hutan Manggrof di pulau Naen, Mautenage dan Wori termasuk hutan lindung yang merupakan zone penyangga taman laut Bunaken. Selain itu hutan lindung daratan diharapkan mampu menyerap air sebanyak-banyaknya di musim hujan sekaligus mencegah banjir dan dimusim panas tidak kekeringan.

“Bagi masyarakat yang telanjur menanam pohon di areal hutan lindung, dapat mengambil buahnya namun dilarang menebang pohonnya”, tegasnya.

Lanjutnya, hutan konservasi merupakan wilayah yang flora dan faunanya dilindungi. Sedangkan hutan produksi adalah daerah yang kayunya digunakan untuk berbagai keperluan namun penebangannya harus sesuai peraturan perundangannya, seperti diameter pohon yang akan ditebang harus sesuai ketentuan.

Sebanyak 10 kelompok tani daerah ini yang ikut program Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan mendapat ijin selama 60 tahun.

Pengelolaan hutan daerah ini, dilaksanakan dengan pola mandiri, developer dan kemitraan. Pola Developer yakni dalam 1 hektar ditanam 400 pohon dan selama 3 tahun masyarakat mendapat dukungan dana sebesar Rp.8 juta dari pengembang.

Sedangkan bagi tanah pasini diterapkan program Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan harapan sebanyak mungkin pohon ditanam.(mvr).-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: