Dinkop dan UMKM Manado Bina Managemen Keuangan 13.672 Usahawan

Manado, Sulut Times – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Manado, saat ini tengah membina 13.672 wirausaha tentang managemen keuangan yang baik.

“Dengan pembina ini, diharapkan para usahawan dapat mandiri dan mengatur keuangannya dengan baik sehingga usahanya berkembang,”

jelas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ester Lumingkewas,SE disela-sela kegiatan pembinaan pada para usahawan kecil & menengah.

Menurutnya, teknis pembinaan yakni mengadakan pelatihan ketrampilan memasak, menjahit sekaligus cara menjual produk serta mengatur keuangan perusahaan.

Para usahawan tersebut, bergerak di bidang usaha home industri seperti masak-memasak, membuat kue, usaha salon kecantikan dan warung.

Menjawab pertanyaan tentang jumlah Koperasi Unit Desa di Manado yang kini jumlahnya berkurang sejak terjadi krisis moneter tahun 1997 dan tersisa 423 buah dari 862 buah, menurut Ester pihaknya tetap memberikan prioritas pembinaan khusus diantaranya melaksanakan RAT koperasi.

“Soal ini, kita tetap melaksanakan RAT dalam rangka pembinaan. Kita mencegah jangan sampai KUD-KUD yang tersisa ini semakin habis di tahun yang akan datang,” katanya.

Selain RAT, pemerintah juga memberikan kemudahan berupa penguatan modal usaha bagi anggota KUD melalui kredit lunak bank misalnya Kredit Usaha Rakyat atau KUR.(yayuk).-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: