GEDUNG SEMINARI KAKASKASEN TERANCAM RUNTUH

Tomohon, Sulut Times – “Beberapa Gedung yang berada di dalam kompleks Seminari Santo Fransiscus Xaverius Kakasen Tomohon terancam runtuh bila terjadi gempa yang cukup kuat”,

Hal ini diungkapkan Rektor Seminari Kakaskasen, Pastor Albertus Smith, MSc kepada umat Katolik yang berziarah ke tempat ini, Kamis 17/5.

Menurutnya bangunan bagian depan kompleks seminari ini, dibangun pada tahun 1938, dirusak oleh Jepang dan dibangun kembali pada tahun 1947 sedangkan bangunan bagian belakang dibangun sekitar 50 tahun lalu.

Bangunan bagian depan yang bahannya dari kayu, telah lapuk dan keropos. Saat ini terlihat baik karena telah ditambal namun bila terjadi gempa yang cukup kuat, di khawatirkan struktur bangunan ini tidak kuat lagi berdiri tegak.

Pihak seminari telah berupaya mengumpulkan dana swadaya dari umat Katolik dengan berbagai cara temasuk penjualan buku ‘Embun Pinus’ untuk membangun kembali gedung tua tersebut.

Wartawan Sulut Times melaporkan, pemerintah selaku penggerak di bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan melalui pemprov Sulut dan pemkot Tomohon memiliki dana yang dapat dialokasikan bagi pendidikan anak bangsa ini.(mvr).-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: