KIP BANYAK DISALAH ARTIKAN KEPANJANGANNYA

GambarManado, Sulut Times – KIP banyak disalah artikan kepanjangannya bahkan oleh beberapa pihak yang berhubungan dengan penyebaran informasi kepada masyarakat.

“Komisi Informasi Propinsi (KIP), oleh beberapa staf Humas Pemprop Sulut termasuk wartawan banyak yang keliru mengartikan huruf “P” sebagai Publik sehingga harus segera diluruskan”,

jelas Ketua KIP Sulut, Drs Boy Lalamentik, didampingi Wakil Ketua, Reydi Sumual, S.Sos dan salah satu anggota, Drs Nolly S Londa, S.Sos, Msi, saat jumpa pers menyangkut sosialisasi KIP, bertempat di Pers Room Pemprop Sulut.

Menurutnya, KIP dibentuk berdasarkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 merupakan respon dari tuntutan reformasi yakni setiap orang berhak mendapat, mengolah dan menyebarkan informasi serta keterbukaan informasi kepada masyarakat oleh badan publik.

Dijelaskannya, badan publik yakni setiap organisasi pemerintah, swasta maupun lembaga rohani yang mengelola dana APBN, APBD atau lembaga donor, wajib memberikan informasi perencanaan, program dan kinerjanya kepada masyarakat.

Ditambahkannya, dari 33 propinsi yang ada di nusantara ini, kepengurusan KIP propinsi Sulut adalah yang ke 14 dilantik setelah DKI Jakarta. Tugas pokok KIP yaitu, menerima dan memeriksa setiap permasalahan menyangkut keterbukaan informasi, selanjutnya memediasi masyarakat dan badan publik serta memutuskannya.

Untuk menghindari anggapan bahwa KIP hanya menghabiskan uang negara maka pihaknya bertekad untuk terbuka menyangkut informasi pengelolaan dananya dan hal lainnya.

Dua anggota lain yakni Drs Lona Lengkong dan Habel Runtuwene, SE, MSi tidak hadir karena satu masih berada di pulau Papua sedangkan yang lainnya sedang sakit.(mvrepi).-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: